Latest News

Selasa, 16 Januari 2018

5 Manfaat Permainan Bagi Anak

Permainan anak
Pendidikan pada anak bisa dilakukan dengan banyak hal. Salah satu yang paling efektif dan efisien adalah pendidikan dengan menggunakan permainan. Kenapa permainan? Salah satu budayawan terbesar di Belanda, Johan Huizinga, menuliskan bahwa permainan merupakan cikal bakal dari aktivitas manusia. 

Melalui permainan, manusia bisa membuat budayanya sendiri. Dengan konsep Homo Luden, Huizinga menjelaskan dengan jelas hal ihwal munculnya sebuah permainan menjadi sebuah tiang kebudayaan tiap negara. 

Nah, permainan sendiri merupakan sebuah cara yang bisa diapliasikan ke dalam banyak bentuk dan ke dalam berbagai usia, termasuk anak-anak. Permainan anak banyak macamnya. Yang jelas, sebagai orang tua, mestilah mengerti permainan seperti apa yang sedang dilakukan anak. Hal ini bisa dikatakan sebagai bentuk pengawasan orang tua.
Permainan anak
Lalu apa sajakah keuntungan yang bisa didapat apabila menjadikan permainan diterapkan pada anak? banyak keuntungan yang bisa didapat anak maupun orang tua apabila menghadirkan permainan sebagai proses interaksinya, seperti; 
  1. pertama, saat melakukan sebuah permainan, anak akan mengikutinya dengan riang gembira. 
  2. Kedua, selain menyenangkan, permainan pun bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengembangkan potensi anak, dari mulai motorik, sensomotorik, fisik, komunikasi dan lain sebagainya.
  3. Ketiga, melalui permainan, orang tua bisa lebih dekat dengan anak sehingga bisa membangun pola komunikasi yang lancar jaya. 
  4. Keempat, apabila permainannya dibuat berkelompok, maka si anak akan dilatih untuk bekerja sama dan membangun pola komunikasi untuk mecapai suatu tujuan. 
  5. Kelima, apabila permainannya dilakukan secara bersama-sama antara anak perempuan dengan anak laki-laki, akan dilatih untuk saling memahami dan tentunya dengan batasan-batasan yang disesuaikan dengan norma yang ada. Untuk hal ini, dibutuhkan pengawasan dari guru maupun orang tua.

Dengan berbagai macam dampak positif yang bisa diambil dari permainan, sudah seharusnya orang tua memahami kebutuhan akan permainan anak. Permainan ini bukan hanya sebagai langkah untuk membuat anak gembira, tetapi bisa dijadikan sebagai cara untuk mendidik anak, membangun komunikasi dengan teman sebayanya sekaligus mendekatkan hubungan antara anak dengan orang tua.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: 5 Manfaat Permainan Bagi Anak Description: Rating: 5 Reviewed By: Windi Ariska
Scroll to Top