Latest News

Senin, 26 September 2016

Persaingan Masuk Perguruan Tinggi Semakin Kompetitif


Minat para lulusan sekolah menengah tingkat atas untuk melanjutkan studi ke tingkatan pendidikan tinggi semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal tersebut tentu saja dipengaruhi besar oleh perkembangan zaman yang membawa berbagai lapangan pekerjaan untuk menuntut pendidikan yang tinggi dalam persyaratan memperoleh pekerjaan. Tingginya minat untuk mendapat pendidikan pada tingkatan perguruan tinggi tentu saja harus mendapatkan sambutan yang baik dari pemerintah dengan memfasilitasi perguruan tinggi yang memadai bagi para peminat. Menigkatnya minat mendapatkan pendidikan tinggi tentu saja membawa konsekuensi terhadap sengit dan sulitnya persaingan memperebutkan bangku perkuliahan. Persaingan tersebut akan tetap menjadi persaingan yang kompetitif dan baik dilakukan dengan sehat. Baik hal tersebut pada jalur tanpa tes, jalur tes nasional atau pun tes mandiri yang diselenggarakan perguruan tinggi.

Persaingan yang semakin lebih sengit juga terutama terjadi pada beberapa kampus yang menyandang status best university in Indonesia seperti UI dan masih banyak lagi. Tingginya minat masuk perguruan tinggi dan semakin sulitnya persaingan yang terjadi seolah menjadikan isyarat bahwa kondisi penyelenggaraan pendidikan tinggi di negara kita bisa mendapatkan peluang peningkatan yang baik secara kualitas. Karena, persaingan yang sangat kompetitif itu akan menyaring putra putri terbaik bangsa Indonesia untuk lolos dalam ujian/ saringan masuk ini. Dengan tersaringnya putra putri terbaik bangsa, maka proses peningkatan mutu pendidikan dan standar kelulusan akan semakin membaik kian hari. Hal tersebut tentu saja mungkin terjadi karena perbandingan peserta yang diterima jauh lebih kecil dibanding peserta yang tidak lolos, bahan mencapai 1 : 2000 orang.

Akan tetapi bagi peserta yang belum berekesempatan diterima menjadi mahasiswa pada best university in Indonesia, bukan berarti harus berkecil hati. Karena masih sangat banyak universitas swasta yang tersedia di berbagai penjuru tanah air dimana kualitasnya mampu dibandingkan bahkan dengan perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Atas hal tersebut sangat menunjukan bahwa di Indonesia menjadi negara yang sangat ramah , dengan membuka pintu yang sangat lebar bagi siapa saja yang ingin mendapatkan pendidikan tingkat perguruan tinggi. Karenanya, melanjutkan pendidikan tinggi di Indonesia menjadi pilihan yang tak bisa disesali.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Persaingan Masuk Perguruan Tinggi Semakin Kompetitif Description: Rating: 5 Reviewed By: windiariska
Scroll to Top