Latest News

Kamis, 18 Januari 2024

Inilah 7 Penyebab Mata Kering yang Harus Diwaspadai

Penyebab Mata Kering

Mata kering saat ini menjadi salah satu kondisi yang sering dialami oleh banyak orang. Karena, masyarakat di seluruh dunia sudah tidak bisa lepas dari gadget maupun komputer yang bisa menjadi penyebab mata kering. Selain itu, inilah beberapa penyebab lainnya.

1.  Paparan Lingkungan

Paparan terhadap lingkungan kering, seperti ruangan ber-AC, penggunaan pemanas ruangan, atau cuaca ekstrem, dapat menyebabkan penguapan air mata lebih cepat dari permukaan mata.

2.  Penggunaan Perangkat Elektronik

Selain dari gadget dan monitor, Paparan sinar biru dari layar perangkat elektronik dapat merangsang produksi air mata yang lebih sedikit, menyebabkan mata kering. Istirahatkan mata secara teratur dengan mengikuti aturan setiap 20 menit, berfokus pada objek 20 kaki jauhnya selama 20 detik.

3.  Faktor Usia

Seiring bertambahnya usia, produksi air mata alami tubuh dapat berkurang. Ini adalah faktor yang umum menyebabkan mata kering pada orang yang lebih tua. Menggunakan obat tetes mata atau krim mata yang diresepkan oleh dokter dapat membantu mengatasi kekurangan produksi air mata ini.

4.  Gangguan Kesehatan pada Mata

Beberapa kondisi medis seperti sindrom mata kering, blefaritis (radang kelopak mata), atau konjungtivitis (radang selaput lendir mata) dapat menjadi penyebab mata kering. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter mata untuk diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat.

5.  Penggunaan Lensa Kontak

Jika Anda menggunakan lensa kontak, terutama dalam waktu yang lama, hal ini dapat menyebabkan mata kering. Pastikan untuk mengikuti panduan penggunaan lensa kontak dan bersihkan lensa secara teratur. Jika masalah terus berlanjut, konsultasikan dengan dokter mata.

6.  Kurangnya Asupan Nutrisi

Nutrisi yang tidak mencukupi, terutama vitamin A dan omega-3, dapat mempengaruhi kesehatan mata. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi ini, seperti wortel, bayam, ikan salmon, dan kacang-kacangan.

7.  Kurang Minum Air

Kurangnya asupan cairan dapat mempengaruhi produksi air mata. Pastikan untuk minum air yang cukup setiap hari agar tubuh tetap terhidrasi, termasuk kesehatan mata.Karena dehidrasi bisa menyebabkan mata kering.

Itulah berbagai penyebab mata kering yang umum terjadi. Atasi dengan Insto, yang merupakan salah satu obat tetes mata terbaik.

 


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Inilah 7 Penyebab Mata Kering yang Harus Diwaspadai Description: Rating: 5 Reviewed By: windiariska
Scroll to Top