Latest News

Selasa, 03 Januari 2017

Berbagai Jenis Formwork


Pada sebuah bangunan yang tengah dibangun, anda akan menemukan tiang – tiang yang diselimuti oleh balok kayu ataupun besi. Tiang ini disebut juga dengan kolom, sebuah bagain dari bangunan yang berfungsi sebagai penyangga bagian – bagian bangunan. Begitu pentingnya fungsi kolom ini sehingga dalam pembuatannya tidaklah sembarangan. Bentuk, ukuran, serta letaknya harus diperhitungkan dengan tepat dan cermat agar bangunan yang dihasilkan kokoh dan kuat. Untuk membuat kolom yang baik, anda harus menggunakan alat cetakan yang baik pula. Alat ini dinamakan dengan formwork. Untuk dapat menggunakannya, anda dapat membuat atau Rental Formwork.

Untuk bangunan berskala besar seperti gedung bertingkat bisanya memilih Rental Formwork daripada membuatnya, hal ini di dasarkan pada berbagai pertmbangan dan Rental Formwork biasanya lebih efektif dan efisien. Sebelum anda menggunakan formwork anda perlu mengetahui beberapa jenis formwork agar tidak salah memilihnya. Berikut ini beberapa jenis - Jenis formwork :
  • Formwork Tradisional, formwork jenis ini biasanya terbuat dari kayu dan triplek. Formwork jenis ini sangat cocok digunakan oleh bangunan dengan skala kecil seperti rumah, karena tidak memiliki bentuk yang terlalu besar, umur penggunaan yang relatif sigkat, biaya yang dikeluarkan untuk membuatnya tidak terlalu besar.
  • Sistem formwork Rekayasa (Engineering), formwork jenis ini dibuat dari modul prefabrikasi dengan bingkai logam seperti baja atau alumuniaum. Kelebihan formwork jenis ini dari pada formwork kayu adalah lebih mudah dirangkai, serta waktu penggunaan yang lebih panjang.
  • Formwork Plastik Guna Kembali (Reusable), formwork jenis ini terbuat dari bahan plastik, dengan struktur lebih ringan dan namun sangat kuat. Formwork jenis ini sangat cocok digunakan untuk konstruksi berbiaya rendah, dan skema perumahan massal.
Untuk dapat Rental Formwork dengan kualitas baik yang telah terstandar, dapat anda lakukan di PT Reycom Cipta Semesta (RCS). Sebuah perusahaan penyedia alat – alat konstruksi yang telah berpengalaman di badangnya. Selain Rental Formwork PT Reycom Cipta Semesta (RCS) juga menyediakan rental tower crane, scaffolding, serta alat konstruksi lainnya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Berbagai Jenis Formwork Description: Rating: 5 Reviewed By: windiariska
Scroll to Top