Latest News

Rabu, 17 Agustus 2016

Pentingnya Peranan Orangtua dalam Memotivasi Anak Belajar Menulis


Pendidikan untuk anak usia dini adalah kegiatan pembelajaran pendahuluan untuk seorang anak dalam mempersiapkan pendidikannya yang lebih lanjut. Pada masa anak usia dini, mereka diajarkan pengetahuan dasar mengenai kehidupan sehari-hari seperti bernyanyi, belajar cara makan yang benar, belajar bersosialisasi dengan sesama temannya dan yang paling penting untuk dipelajari adalah belajar membaca, menulis dan berhitung atau calistung. Belajar menulis pada anak perlu untuk dilatih sejak mereka belum memasuki usia sekolah, agar si kecil lebih siap menghadapi dunia pendidikan yang lebih lanjut. Dalam hal ini peranan orang tua sangatlah penting dalam membimbing, mengarahkan dan mengawasi anak saat belajar di rumah, dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan anak dan mengarahkan dengan cara belajar yang benar, tanpa tidak menghilangkan waktunya sebagai anak-anak. 

Seperti istilah rumah adalah tempat pertama di mana anak memperoleh ilmu, sedangkan adalah guru pertama yang memberikan ilmu kepada anak. Istilah tersebut memiliki pengertian bahwa peranan orang tua sangatlah penting dalam mendidik dan mengajari anaknya, walaupun Ia sudah mendapatkan pengajaran di sekolahnya. Termasuk saat anak mulai ingin mengetahui macam-macam huruf, angka untuk dituliskan, orangtua merupakan yang paling berkewajiban untuk mengajari anaknya menulis dan mengajari ilmu lainnya. Dua hal yang dapat anda coba untuk dapat membujuk si kecil mau atau menjadi termotivasi untuk belajar menulis dan hal tersebut adalah : 

Faktor internal yang terbentuk dari kesadaran diri atas pemahaman betapa pentingnya belajar untuk mengembangkan kemampuan dirinya termasuk menulis, serta untuk bekal dalam menjalani kehidupan. Faktor eksternal berupa rangsangan dari luar yaitu dari orang lain atau lingkungan sekitarnya yang dapat mempengaruhi psikologi masing-masing anak, dan disinilah pentingnya peranan orangtua sebagai guru bagi anak-anaknya dalam mengajari banyak hal. 

Melalui kedua motivasi tersebut selain bersumber dari para orangtua, kesadaran dari anak pun sangat penting untuk didapatkan agar Ia mau secara sukarela tanpa dipaksa untuk belajar menulis bersama anda sebelum si kecil memasuki dunia sekolah. Hanya bagaimana cara kita menumbuhkan kesadaran dan minat belajar pada anak usia dini, selain itu jangan lupa juga untuk Bunda selalu lindungi masa eksplor si kecil dengan susu pertumbuhan Dancow untuk melindungi pertumbuhan masa belajarnya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pentingnya Peranan Orangtua dalam Memotivasi Anak Belajar Menulis Description: Rating: 5 Reviewed By: Unknown
Scroll to Top