Latest News

Senin, 15 Juli 2019

Inilah 4 Resiko Meminjam Dana Online di Fintech Ilegal

Image result for pinjam Dana Online di Fintech Ilegal

Pinjaman online cepat kini sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Kini kamu tinggal mengunduh aplikasinya di Google Play atau App Store pada smartphone. Hanya dengan bermodalkan KTP saja, kamu bisa mendapatkan pinjaman dana dengan proses yang cukup cepat. Berbeda jika kamu melakukan pinjaman di Bank, kamu harus melengkapi berbagai persyaratan dokumen, seperti KTP, slip gaji, NPWP, fotokopi buku tabungan, dan lain-lain. Dengan begitu, pinjaman online menjadi salah satu alternatif pinjaman uang yang cukup praktis dengan proses yang cukup cepat.

Saking banyaknya pinjaman online cepat, kamu kadang kesulitan untuk membedakan mana fintech legal dan mana yang ilegal. Jika kamu terlanjur meminjam dana pada fintech illegal, maka inilah 4 resiko yang akan kamu hadapi.

1. Terjerat rentenir online

Pinjaman online yang tidak terdaftar pada OJK tentu saja tidak memiliki standar prosedur yang sesuai dengan aturan. Jika sewaktu-waktu kamu telat dalam membayar cicilan, maka siap-siap saja hidupmu akan terganggu. Pasalnya, kamu akan terjerat oleh rentenir online yang setiap harinya meneror bahkan mengancam hidup kamu. Lebih parahnya, rentenir tersebut bisa menghubungi kerabat atau teman dekat untuk melunasi hutang - hutang kamu.

Related image

2. Laporan pembayaran hutang tidak transparan

Pada saat kamu mulai mengajukan pinjaman, biasanya pihak fintech ini akan memberikan janji-janji manis seperti bunga yang rendah, pencairan dana cepat, dan lain sebagainya. Namun, hal tersebut bisa saja menjadi jebakan. Setelah berbulan-bulan lamanya, nominal cicilan hutang menjadi tidak transparan sehingga kamu harus membayar lebih. 

3. Penyalahgunaan data

Fintech illegal bisa leluasa menyebarkan data informasi kamu. Data-data tersebut kemudian dijual secara bebas dan oknum tersebut tentu saja mendapatkan uang. Selain itu, mereka juga bisa dengan mudah mengakses semua data-data kontak pribadi kamu untuk menghubungi teman atau saudara untuk menagih hutang kamu yang jika sewaktu-waktu menunggak.

4. Terjebak investasi bodong

Jika kamu adalah seorang nasabah yang menjadi investor atau pemberi pinjaman, maka jangan sekali-kali menggunakan layanan pinjaman online illegal. Hal tersebut tentu saja bisa merugikan kamu dan semua dana yang diinvestasikan bisa lenyap begitu saja.

Itulah beberapa resiko meminjam pinjaman online cepat di fintech illegal. Semoga bermanfaat.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Inilah 4 Resiko Meminjam Dana Online di Fintech Ilegal Description: Rating: 5 Reviewed By: windiariska
Scroll to Top