Latest News

Kamis, 13 Desember 2018

Cara Memulai Hidup Sehat dengan Benar

Cara Hidup Sehat
Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO) mengatakan, pola makan yang tidak sehat dan kurang beraktivitas fisik adalah salah satu faktor yang menyebabkan kesehatan menjadi terganggu. Pesatnya urbanisasi, meningkatnya produksi makanan olahan, dan gaya hidup yang tidak sehat, membuat berbagai penyakit berbahaya menjadi ancaman untuk kesehatannya. Oleh sebab itu, penting sekali menerapkan cara hidup sehat dalam tatanan kehidupan sehari – hari.

Penerapan Cara Hidup Sehat


Menerapkan gaya hidup sehat perlu kiranya menyesuaikan beberapa faktor terlebih dahulu, seperti usia, jenis kelamin, kondisi kesehatan, dan tingkat aktivitas fisik. Hasilnya pun pasti akan berbeda – beda, jangan sekali – kali mengharapkan hasil yang sama. Jauhi meniru hidup sehat yang berbeda berdasarkan faktor diatas, seperti uisa 15 tahun meniru cara hidup sehat idolanya yang berumur 40 tahun. Itu hasilnya tidak kan sama dan kondisi kesehatannya pasti berbeda.
Cara Hidup Sehat
Berikut ini ada beberapa cara untuk memulai hidup sehat dari sekarang:

1. Mengetahui status kesehatan tubuh dan buatlah janji perawatan jika dibutuhkan
Lakukan pemeriksaan secara rutin, maksimal 1 tahun sekali. Periksakan berbagai kondisi kesehatan tubuh dan pastikan Anda mengetahui daftar vaksinasi yang wajib didapatkan. Dengan melakukan cek up berkala secara rutin, maka Anda akan tahu status kesehatan tubuh yang dirasakan saat itu. Jikalau dirasa penting, bisa juga membuat perjanjian untuk melakukan perawatan jika kondisinya sudah tidak memungkinkan untuk dirawat di rumah.

2. Membenahi diet atau pola makan dan menghentikan kebiasaan buruk
Ayo, mulai dari sekarang! Siap buku catatan harian untuk membuat daftar menu makan yang sehat untuk dikonsumsi setiap harinya. Anda sedang diet? Maka cara ini perlu dilakukan. Aturlah pola makan dengan sebaik mungkin dan perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, usahakan mengandung beberapa kandungan yang dibutuhkan tubuh. Kemudian, berhenti melakukan kebiasaan buruk, seperti minum alkohol, merokok, bergadang, dan lain sebagainya.

3. Perbanyak aktivitas fisik dan kelola stres
Agar tubuh tetap dalam kondisi yang sehat, maka perlu melakukan olahraga dengan pergerakan sederhana. Seperti halnya, berjalan kaki atau berlari – lari kecil, mengatur napas, dan aktivitas aerobik lainnya. Seharusnya orang dewasa itu, melakukan olahraga yang intens perlu dilakukan minimal 15 menit setiap hari atau sekurang – kurangnya 2,5 jam per minggu.

Demikian cara hidup sehat yang harus Anda lakukan mulai dari sekarang. Tidak sulit dan tidak memerlukan waktu dan biaya yang besar.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Cara Memulai Hidup Sehat dengan Benar Description: Rating: 5 Reviewed By: windiariska
Scroll to Top