Latest News

Jumat, 03 November 2023

4 Penyebab Utama Mata Bintitan Serta Cara Pengobatannya



Meski sering dianggap sebagai permasalahan yang tidak terlalu serius, terkena mata bintitan, nyatanya akan mengurangi tingkat kenyamanan Anda selama beraktivitas. 

Dengan demikian, setidaknya Anda perlu tahu berbagai penyebab terjadinya bintitan ini, agar bisa menjalani rutinitas Anda tanpa gangguan apapun. 

Penyebab Bintitan Pada Mata

Setidaknya ada 4 penyebab umum terjadinya mata bintitan ini. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut: 

  1. Terkena Infeksi Bakteri

Sumber utama penyebab terjadinya bintitan pada mata adalah, terkena infeksi bakteri seperti Staphylococcus aureus.

  1. Lemahnya Sistem Kekebalan Tubuh.

Mendapati sistem kekebalan tubuh yang sedang melemah, akan semakin memperbesar kemungkinan terkena bintitan pada mata. Ini akan diperparah lagi jika Anda sering menggunakan lensa kontak yang tidak bersih. 

  1. Masuknya Debu atau Kotoran

Masuknya debu dan kotoran pada mata bisa mengakibatkan terjadinya peradangan pada mata. Bila Anda sering menggosok matanya dengan menggunakan tangan kotor, itu bisa memperbesar peluang terkena bintitan pada mata. 

  1. Peradangan pada Folikel Rambut Mata

Bintitan pada mata ini juga bisa disebabkan jika folikel rambut pada kelopak mata terjadi penyumbatan, atau terkena infeksi.  

Cara Mengobati Bintitan Pada Mata

Untuk cara pengobatan bintitan pada mata ini, berikut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  • Kompres Air Hangat

Untuk mempercepat penyembuhan bintitan pada mata ini, bisa Anda lakukan dengan cara mengompresnya dengan menggunakan kain hangat, selama 10-15 menit. Lakukan ini dalam beberapa kali dalam sehari.

  • Jangan Memencet Bintitan

Memencet bintitan malah akan menyebabkan terjadinya infeksi yang lebih lanjut. Dengan demikian, hindari memencetnya walaupun Anda sering dilanda dengan rasa sakit atau gatal sekalipun.  

  • Obat Tetes Mata

Obat tetes mata seperti Insto, dapat mengurangi gejala serta percepatan proses penyembuhan pada mata. Namun pastikan Anda melakukan tetesan pada matanya sesuai dengan dosis yang dianjurkan ya!

Bilamana mata bintitan ini berlangsung lama dan semakin parah, maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter terdekat untuk mendapatkan tindakan medis yang lebih tepat. 

Semoga bermanfaat!

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: 4 Penyebab Utama Mata Bintitan Serta Cara Pengobatannya Description: Rating: 5 Reviewed By: windiariska
Scroll to Top